03 September 2009

Kata Benda Tunggal dan Jamak

I. Penggunaan Kata Kerja IS dan ARE bersama Kata Benda Tunggal   dan Jamak.
Secara sederhana, penggunaan kata benda (noun) dalam kalimat-kalimat bahasa inggris selalu merujuk pada jumlah benda itu. Suatu contoh bila kita menyebutkan nama benda "book", secara implisit tapi riil, terkandung pengertian apakah kata "book" tadi kenyataannya bendanya hanya satu atau lebih dari satu. Bila ternyata bendanya lebih dari satu , menulisnya menjadi "books". Sehingga dalam aturan tata bahasa inggris dikenal dengan kata benda tunggal ( singular noun) dan kata benda jamak ( plural noun ).
Dalam bahasan berikut ini , kita akan mempelajari dua topik diatas, yaitu aturan pembentukan kata benda tunggal menjadi kata benda jamak.
1. Pada dasarnya untuk merubah kata benda tunggal menjadi jamak   prosesnya sederhana,
yaitu dengan menambahkan huruf S di belakang kata benda tersebut. Simak contoh berikut ini :
Tunggal
Jamak
arti yang jamak
table
tables
meja-meja
chair
chairs
kursi-kursi
desk
desks
bangku-bangku
2. Namun ada beberapa pengecualian dari aturan di atas, yaitu apabila kata benda yang bila diucapkan bersuara desis, atau huruf akhir dari kata benda itu : ch, ss, sh, o, y , maka kata benda jamaknya ditambah huruf ES (bukan S).
Tunggal
Jamak
arti yang jamak
dress
dresses
baju-baju
hero
heroes
pahlawan
box
boxes
kotak-kotak
Dalam penyusunan kalimat sederhana bahasa inggris, penggunaan kata benda tunggal dan jamak tersebut bisa disusun bersama dengan  kata kerja ( verb ) :IS dan ARE.
Simak contoh kalimat berikut ini :
There is a table in the room. There are tables in the room. Kata kerja IS berpasangan dengan a table (benda tunggal) dan ARE berpasangan dengan tables (benda jamak)
Namun demikian, kita harus teliti bahwa kata benda yang diucapkan berdesis atau yang memiliki huruf akhir ss, sh, ch, o, y, dibelakang huruf akhirnya ditambah huruf ES. Contoh kalimatnya :
The box is broken. The boxes are broken. Kata “box” diikuti IS karena benda tunggal dan kata “boxes” diikuti ARE karena benda jamak.
(bersambung ….)

No comments:

Post a Comment