29 Agustus 2011

BELAJAR BAHASA INGGRIS

Cara belajar untuk menguasai Bahasa Inggris memang sangat bervariasi, namanya saja belajar bahasa, semuanya masih tergantung pada kebutuhan. Kebutuhaan juga bervariasi, karena itu yang paling penting adalah menentukan skala prioritas kebutuhan yang diinginkan. Misalnya bila anda hanya sekedar ingin bisa baca koran atau majalah berbahasa inggris, dengan modal kosa kata dan grammar sederhana juga sudah cukup. Selanjutnya untuk komunikasi aktif membutuhkan banyak latihan .

Apapun cara anda belajar, bila anda hidup di wilayah yang bahasa sehari-hari bukan bahasa inggris, minat, ketekunan dan keuletan dalam belajar merupakan faktor penentu yang tidak bisa diabaikan. Tantangan dalam belajar memang banyak sekali, mulai kekurangan dana, alat bantu, buku, dan lingungan yang tidak mendukung. Semuanya adalah hambatan. Tidak mudah untuk menaklukkan hambatan dan tantangan.

Kembali pada cara belajar bahasa inggris yang efektif, melalui  baik guru pembimbing atau belajar autodidak, banyak-banyaklah berlatih dalam bentuk apa saja, dengan landasan rasa senang dan optimis, serta jangan mudah putus asa bila belum sampai target yang diinginkan. Dan juga banyak bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman, mengumpulkan bahan belajar yang bervariasi, baik bersumber dalam atau luar negeri.

Itulah jurus lama yang tidak pernah lapuk oleh waktu dan keadaan. Semoga bermanfaat.

Tentang Blog Ini

Yuk ikut ngeblog untuk saling tukar pengalaman dan ilmu, meskipun hanya sedikit, karena sedikit itu lama-lama juga akan menjadi bukit. Dan juga ada kata bijak yaitu : kecil itu indah, memulai dari hal-hal yang kecil tidak bisa dipandang remeh. Banyak diantara kita mengabaikan hal yang kecil, karena dipandang enteng. Di mata kita bintang di langit kelihatannya juga kecil, namun kenyataannya tidak demikian. Juga, apabila kita mau belajar sesuatu, alangkah baiknya tidak mengabaikan hal-hal kecil.

 Tentu saja isi dari blog ini masih jauh dari sempurna, karena teterbatasan kami. Namun dengan pengalaman yang serba pas-pasan ini kami berusaha untuk menyumbangkan sesuatu yang serba sedikit dan kecil untuk generasi muda yang ingin maju, sesuai dengan ungkapan ini : BAHASA ITU JENDELA ILMU. Mustahil bisa menuntut ilmu apa saja tanpa dilandasi penguasaan bahasa/bahasa asing yang mantab.
Sekian, semoga bermanfaat.


10 komentar:

  1. Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
    2. Thank banget, mampir disini, semoga baby nya sehat-sehat selalu. Amin.

      Hapus
  2. bahasa inggris memang penting. dimanapun belajar...asal sungguh2...pasti membuahkan hasil...

    BalasHapus
  3. terima kasih atas kunjungannya, salam perkenalan !

    BalasHapus
  4. sangat bermamfaat ... semoga penulis selalu sehat dan dipanjangkan umurnya :)

    BalasHapus