17 August 2011

TENSE ATAU BENTUK WAKTU

            Tense atau bentuk waktu adalah perubahan wujud kata kerja atau verb yang menyesuaikan dengan waktu penggunaannya. Sehingga, apabila kata kerja tertentu digunakan pada waktu sekarang, wujudnya berbeda dengan kata kerja yang digunakan pada waktu lampau. Untuk memudahkan pemahaman, simak contoh berikut ini :
1. I go to school everyday . Saya pergi ke sekolah setiap hari    GO artinya PERGI
2. I went to school yesterday. Saya pergi ke sekolah kemarin    WENT  artinya PERGI
Kata PERGI pada kalimat pertama wujudnya GO, sedangkan pada kalimat kedua wujudnya WENT. Kata kerja GO mendapat keterangan waktu everyday atau setiap hari dan WENT mendapat keterangan waktu yesterday atau kemarin. Hal tersebut tidak dikenal dalam Bahasa Indonesia, sehingga baik kata GO maupun WENT artinya sama, yaitu PERGI. Memang tanpa menguasai tense pun, kita masih tetap bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan lancar. Namun, pada tahap tertentu, kita kadang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan maksud tanpa mengerti tense di atas.
               Berikut ini adalah contoh sederhana bagaimana sulitnya untuk mengungkapkan maksud kalimat tanpa mengerti bentuk waktu yang digunakan : “Berapa lama kamu disini ?” Jawabnya : “dua jam” Kalau diterjemahkan HOW LONG ARE YOU HERE ? ini mengandung maksud berapa lama kamu tinggal disini, sedangkan bila diungkapkan dengan HOW LONG HAVE YOU BEEN HERE ? tersirat pengertian bahwa sampai pertanyaan itu muncul, berapa lama waktu seseorang di tempat itu. Demikian pengantar tentang perlunya mengerti benar pemakaian tense dalam Bahasa Inggris. Bersambung …….

3 comments: