28 February 2017

ARTI KATA IS dan ARE

Kata IS artinya bisa bervariasi sesuai dengan struktur kalimat yang digunakan. Contoh kalimat dibawah ini mewakili penggunaan kata IS dalam kalimat.

1. The flower is beautiful (Bunga itu indah).
2. The flower is picked up by her. (Bunga itu dipetik olehnya)
3. The flower is blooming (Bunga itu sedang mekar)
4. Is the flower expensive ? (Apakah bunga itu mahal ?)

Dari keempat contoh kalimat di atas, kata IS artinya (terjemahannya) dalam bahasa Indonesia berbeda beda sesuai struktur kalimat yang menyertainya.

Penjelasan :
1. IS digunakan dalam pola kalimat SUBYEK+IS+KETERANGAN artinya "adalah" atau kadang tidak ada artinya dalam bahasa Indonesia karena kata itu berfungsi sebagai penjelas subyek.

2. IS yang diikuti kata kerja past participle (kata kerja kolom ke 3 dalam daftar kumpulan kerja ) artinya "di+arti dasar kata kerja itu" misalnya dibuat (IS made), diminum (IS drunk), dilarang (IS prohibited). Selanjutnya, pola kalimat itu juga disebut kalimat pasif.

3. IS diikuti kata kerja infinitive+ING (kata kerja kolom pertama dalam daftar kumpulan kata kerja) artinya "sedang melakukan sesuatu kegiatan", misalnya sedang makan (IS eating) , sedang tidur (IS sleeping).

4. IS yang ditempatkan di awal kalimat dan diikuti subyek artinya "apakah" , yang berupa pertanyaan dengan jawaban "ya" atau "tidak".
Misalnya : IS he sick? (Apakah dia sakit?).

IS dan ARE artinya dalam konteks kalimat kalimat di atas adalah sama. Bila subyek keempat kalimat di atas diganti kata benda jamak (bendanya lebih dari satu) maka kata IS harus diganti ARE dengan tidak merubah arti kalimat dalam bahasa Indonesia.
Jadi, subyek jamak + ARE , dan subyek tunggal + IS.

Sekian dulu postingan tentang pemakaian kata IS dan ARE dalam struktur yang berbeda.

No comments:

Post a Comment